INFORMASI TKI/TKW

SURTI BEKERJA DI TABUK SELAMA 14 TH BARU DIPULANGKAN MAJIKANYA


Jakarta, BNP2TKI, Senin (26/8) – BNP2TKI dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah berkoordinasi untuk memulangkan Surti binti Warjana (44 tahun) dari Arab Saudi ke Indonesia. TKI asal Desa Ujunggebang RT 08/RW 05 Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, ini sudah 14 tahun bekerja di Arab Saudi dan belum bisa pulang ke tanah air karena ditahan oleh penggunanya, Hatim Rizq Al Muwallad di Tabuk, Arab Saudi.

“Saat ini posisi Surti binti Warjana sudah berada di shelter penampungan KJRI Jeddah sedang dilakukan pendataan dan pengurusan dokumen keimigrasian (Surat Perjalanan Laksana Paspor/SPLP) berikut pengurusan exit permit dan proses pemulangannya ke tanah air,” kata Direktur Mediasi dan Advokasi Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI Teguh Hendro Cahyono di Jakarta, Senin (26/8), mengutip keterangan KJRI Jeddah. “Sedangkan majikan Surti, Hatim Rizq Al Muwallad, saat ini sedang dalam cegah tangkal (pencekalan) oleh Kepolisian Daerah dan Kantor Gubernur Tabuk,” tambahnya.

Teguh mengatakan, KJRI Jeddah terus melakukan upaya-upaya pendampingan dan pengaturan untuk proses pemulangan Surti ke tanah air secepatnya. Berikut juga melaporkan perkembangan kasusnya pada kesempatan pertama.

KJRI Jeddah, lanjut Teguh, didalam keterangannya menjelaskan pada tanggal 15 Agustus 2013 lalu telah melakukan mediasi terkait penyelesaian kasus Surti dengan majikannya, Hatim Rizq Al Muwallad, yang menghasilkan beberapa kesepakatan. Pertama, Hatim Rizq Al Muwallad diharuskan memberikan bukti-bukti penyerahan gaji dan hak-hak TKI Surti selama bekerja di rumahnya ke KJRI Jeddah.

Terkait hak-haknya seperti gaji, kata Teguh, Surti binti Warjana telah membuat “surat pernyataan” dengan dibubuhi tandatangan. “Surat pernyataan itu menerangkan bahwa semua gaji selama bekerja 13 tahun 11 bulan telah diterima dan dikirimkan kepada keluarganya di Indramayu, Jawa Barat. Adapun sisa gaji selama dua bulan akan dibawa pulang ke Indonesia. Berikut, ia tidak akan menuntut siapa pun dan pihak mana pun, baik saat ini maupun yang akan datang terkait dengan hak-haknya. Pernyataan ini dibuat dalam keadaan sehat jasmani dan rohani,” demikian isi surat pernyataan yang dibuat Surti binti Warjana pada 15 Agustus 2013.

Kedua, Hatim Rizq Al Muwallad menyanggupi untuk memberikan biaya tiket pemulangan Surti binti Warjana dari Arab Saudi ke Indonesia serta menyerahkan kepada KJRI untuk diurus pemulangannya. “Menurut keterangan KJRI Jeddah yang diinfokan ke BNP2TKI, bahwa saat ini Surti sudah mendapatkan exit permit dan sedang menunggu tiket pemulangan ke Indonesia yang dibiayai majikannya,” kata Teguh.

Ketiga, jika semua tuntutan terhadap TKI Surti binti Warjana sudah dipenuhi oleh Hatim Rizq Al Muwallad, KJRI Jeddah akan memberikan surat keterangan kepada pihak terkait di Arab Saudi (Kepolisian Daerah dan Kantor Gubernur Tabuk) untuk melakukan pencabutan tuntutan perkara pidananya. Berikut memberikan keterangan dan rekomendasi kepada Kepolisian Daerah dan Kantor Gubernur Tabuk untuk membuka pencekalan terhadap saudara Hatim Rizq Al Muwallad.

Menurut keterangan Surti binti Warjana yang diinformasikan kepada KJRI disebutkan, bahwa ia berangkat ke Arab Saudi pada 06 September 1999. Surti bekerja pada majikan bernama Sulaiman Said Asmari di Syarurah, Riyadh, selama delapan bulan dan gajinya telah dibayarkan lunas, serta telah dikirimkan kepada keluarganya Indonesia. Surti kemudian pindah ke majikan kedua, Hatim Rizq Al Muwallad, di Tabuk dan bekerja selama 13 tahun. Menurut pengakuannya bahwa sisa gaji yang belum dibayar selama dua bulan.(mam/b)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: