INFORMASI TKI/TKW

Kuwait Buka Peluang Kerja Formal


Jakarta, BNP2TKI, Rabu (28/8) – Kuwait membuka peluang kerja formal untuk sekitar 1.870 TKI dalam beberapa sektor seperti perhotelan, perminyakan, jasa perbankan, konstruksi, dan perawat.

Pemerintah Kuwait sedang membangun rumah sakit yang diperkirakan menyerap sekitar 7.000 tenaga perawat asing, termasuk dari Indonesia.

Demikian disampaikan Atase Tenaga Kerja (Atnaker) KBRI Kuwait Hariyadi Aga kepada petugas Crisis Center BNP2TKI di Jakarta beberapa hari lalu.

Untuk pekerja formal, peluang bagi TKI cukup terbuka dibanding tenaga kerja dari negara lain karena ada hubungan emosional yang saling mendekatkan antarkedua negara.

“Terkait dengan penempatan TKI, misi KBRI Kuwait adalah mendorong masuknya TKI formal. Untuk TKI informal yang bekerja sebagai PLRT saat ini masih moratorium,” tuturnya.

Pada 2012, KBRI Kuwait menangani sebanyak 294 kasus TKI dan 279 kasus (94,9 persen ) di antaranya telah berhasil diselesaikan. Jumlah TKI bermasalah yang datang dan ditampung di rumah transit KBRI Kuwait sebanyak 169 orang.

Hariyadi menambahkan, jumlah TKI di rumah transit KBRI Kuwait pada April 2010 sebanyak 600 orang. Kemudian sampai Desember 2011 sebanyak 29 orang. Pada 31 Desember 2012 sebanyak 8 orang. Jumlah terendah TKI di rumah transit terjadi pada Juni 2012 sebanyak 3 orang. Sedangkan per tanggal 15 Agustus 2013 lalu sebanyak 8 orang.

KBRI Kuwait bekerjasama dengan Ikatan Perawat Indonesia di Kuwait (Inna-K) juga mengadakan pelayanan kesehatan yang bersifat awal (pertolongan pertama) pada TKI yang dilakukan secara rutin di rumah transit KBRI Kuwait. Kemudian pada 1 Januari – 20 Desember 2012 KBRI Kuwait telah membantu TKI bermasalah di rumah transit , berikut memberikan bantuan kesehatan 8 TKI sakit yang dirujuk ke rumah sakit. Selain itu, juga menyelesaikan 12 kasus TKI meninggal, dua orang di antaranya dimakamkan di Kuwait, enam orang dipulangkan ke Indonesia atas biaya KBRI Kuwait dan empat orang atas biaya majikan.(mam/b)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: