EKONOMI PEDESAAN

Buah Lamtorogung Diolah Jadi Minyak Pelumas


INDRAMAYU (Suara Karya): Seorang warga Kabupaten Indramayu bernama H Hamdan Lillah (51) berhasil mengolah buah lamtorogung menjadi bahan baku untuk minyak pelumas dan minyak rem kendaraan sepeda motornya. Minyak hasil produksinya cukup andal, hanya berbeda baunya dengan minyak produksi pabrikan.

Namun H Hamdan baru menggunakannya untuk konsumsi sendiri. Ia berharap minyak hasil produksinya bisa diproduksi secara massal agar dapat membantu masyarakat memakai minyak pelumas atau minyak rem dengan harga relatif murah, namun dengan kualitas bagus.

“Saya memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan kita seperti lamtorogung ini untuk sepeda motor,” kata H Hamdan Lillah yang tengah maju menjadi alon kuwu (kepala desa) Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Ia mengemukakan, lamtorogung sebagai bahan baku untuk minyak pelumas itu sudah dilakukannya sejak 2006 lalu.

“Saya berharap ada kalangan pengusaha yang mencoba menguji temuannya dan melakukan kerjasama memproduksi secara massal,” kata ayah 12 orang anak hasil buah pernikahan dengan Hj Edah Laela.

“Jangan sampai kita merusak perut bumi dengan cara mengeksploitasi sumber daya alam (minyak bumi) habis-habisan, tanpa bisa diperbaharui kembali. Makanya kita usahakan menggali potensi buah lamtorogung untuk minyak pelumas dan minyak rem,” kata H Hamdan yang tengah mempersiapkan diri untuk naik haji tahun 2011 ini.

Untuk itu, ia menganjurkan masyarakat untuk menanam pohon lamtorogung untuk diolah jadi bahan pelumas.

“Hasil yang didapat bisa jadi tambahan penghasilan. Semua ini pada akhirnya untuk kesejahteran keluarga dan masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara itu Susanto SH selaku koordinator tim sukses calon kuwu H Hamdan mengatakan, temuan bahan minyak pelumas itu bisa lebih memasyarakat jika H Hamdan terpilih menjadi kuwu. “Makin banyak yang tahu, tentu makin banyak yang mencoba, dan tentu akan memakainya nanti,” katanya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: