INFORMASI TKI/TKW

PAHLAWAN DEVISA KU TO DAY !!!


  1. 1.       Terawang Lowongan Kerja Luar Negeri

“ Taiwan Buka Peluang Ribuan TKI/TKW Perawat”

Tenaga kerja Indonesia (TKI) di Taiwan, ternyata tidak hanya dikenal sebagai TKI sektor Penata Laksana (pembantu) Rumah Tangga (PLRT). Ternyata, banyak juga TKI Perawat yang bekerja di Taiwan.

“Bahkan, sampai saat ini Taiwan masih membuka peluang ribuan TKI Perawat,” kata Direktur PT Trias Insan Mandiri (TIM), Satria Nugraha, di depan Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan BNP2TKI, Yunafri, di arena Job Marketing Fair 2011, yang digelar BNP2TKI di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Rabu (20/07).

Dikatakan Satria, Taiwan banyak membutuhkan TKI Perawat untuk ditempatkan di Panti Jompo. Sebagai pengusaha jasa Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) yang secara khusus menempatkan TKI di Taiwan, Satria menyatakan, banyak warga Taiwan yang sudah usia lanjut yang dititipkan di Panti Jompo. Sehingga tenaga perawat orang jompo yang dibutuhkan.

Satria menambahkan, saat ini diperkirakan ada sekitar 129.000 TKI Perawat yang bekerja di panti-panti Jompo di Taiwan. Bahkan PPTKIS yang dipimpinnya sudah menempatkan ribuan TKI Perawat di Taiwan sejak 2009 lalu.

Disebutkan Satria, persyaratan menjadi TKI Perawat di Taiwan relatif lebih mudah dibanding dengan TKI Perawat di Jepang. Persyaratannya adalah, perempuan lulusan SLTA dan yang sederajat, usia 19 – 32 tahun, dan dinyatakan fit (sehat) saat medical test.

Setelah itu, kata Satria, calon TKI Perawat ke Taiwan ini diikutkan dalam pendidikan keperawatan di Akademi Perawat (Akper) Surabaya selama sebulan dan sekaligus belajar Bahasa Mandarin. Setelah mengikuti pendidikan keperawatan di Akper Surabaya selama sebulan, mereka akan ditambah pelatihan Bahasa Mandarin selama tiga minggu di Balai Latihan Kerja (BLK) milik PT TIM di Jakarta.

Berapa gaji TKI Perawat di Taiwan? Satria menjelaskan, gajinya kurang lebih Rp 5 juta. Ada asuransi jiwa selama di penampungan di tanah air dan selama masa kontrak kerja 3 tahun di Taiwan. Setiap calon TKI Perawat di Taiwan akan dicek virus typus dan dilakukan suntik rubella.

“Cek virus typus dan suntik virus rubella sudah menjadi standar kerja calon TKI Perawat di Taiwan. Bagi yang memiliki penyakit typus, kecil kemungkinan dapat lolos untuk jadi TKI Perawat di Taiwan,” kata Satria. (Sumber Informasi BNP2TKI)

  1. 2.       Terawang Perlindungan Upah TKI/TKW

”Asuransi Jamin Gaji TKI/TKW yang tidak dibayar”

Satu lagi berita baik buat para pahlawan devisa yang tidak dibayar gajinya. Kini, pemerintah, melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), dan BP3TKI di daerah bisa mengurus gaji TKI yang tidak dibayar oleh pengguna di luar negeri.

Kebijakan ini berpihak sesuai Peraturan Menteri No 07 tahun 2010 tentang Asuransi TKI, yang menetapkan penunjukan tunggal kepada Konsorsium Asuransi Proteksi dengan 10 anggota, yakni PT Asuransi Centra Asia Raya (ketua), PT Asuransi Umum Mega, PT Asuransi Harta Aman Pratama, PT Asuransi Tugu Kresna Pratama, PT Asuransi LIG, PT Asuransi Raya, PT Asuransi Ramayana, PT Asuransi Jiwa Recapital (Relife), PT Asuransi Purna Arthanugraha, dan PT Asuransi Takaful Keluarga.

Dalam Peraturan menteri itu disebutkan kewajiban kepada setiap TKI untuk membayar premi sebesar Rp 400 ribu dengan rincian terdiri, Rp 50 ribu untuk sebelum berangkat, Rp 300 ribu saat penempatan, dan Rp 50 ribu selama purna.

“Asalkan bayar premi Rp 400 ribu, gaji TKI yang tidak dibayar majikan akan dibayar klaimnya oleh asuransi,” ujar Deputi Perlindungan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Lisna Y Poeloengan, saat menyampaikan materi “Sistem Pelayanan Pengaduan TKI BNP2TKI” pada Rakor Ketenagakerjaan BNP2TKI di Makasar, Kamis (21/7).

Menurut Lisna, Konsorsium Asuransi kini berkewajiban untuk membayar jika ada TKI yang tidak dibayar gajinya oleh pengguna di luar negeri. Klausul pembayaran klaim itu ada di dalam Permen No. 7.

Dia menejelaskan, Permen No. 7 memang mewajibkan pihak asuransi untuk membayar gaji TKI yang tidak dibayar pengguna asalkan TKI tersebut masih dalam kontrak kerja dengan asuransi. Syaratnya, TKI harus menunjukkan nomor paspornya.

Di BNP2TKI, lanjut Lisna, ada pekerja pelaut seperti Anak Buah Kapal (ABK) sudah ada yang belum dibayar gajinya yang selama 12 bulan oleh pengguna. Setelah dimediasi, pihak asuransi setuju membayar dahulu di depan 6 bulan gajinya dan sisanya menyusul.

“Kini, BNP2TKI juga sudah membuka webisite Asuransi untuk melihat pembayaran klaim gaji yang harus dibayar oleh asuransi,” tegas Lisna

Dia menambahkan, kini juga ada Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pembiayaan keberangkatan TKI yang diproses dengan jaminan PPTKIS. Selain itu, KUR juga memfasilitasi pengembangan usaha kredit bagi TKI purna. (Sumber : BNP2TKI)

Satu sisi kita bisa merasa senang ketika ada informasi adanya lowongan kerja luar negeri bagi mereka yang berminat,namun disisi lain,kita dituntut untuk lebih hati-hati dalam memilih perusahaan penampung atau jasa tenaga kerja TKI/TKW. Salah satu standarnya adalah perusahaan penyelia TKI/TKW  harus terdaftar di PPTKIS dan masih aktif, namun informasi status dari perusahaan penyelia TKI/TKW  sulit didapat karena pihak BNP2TKI sendiri terkesan tidak terlalu mensosialisasikan sampai ke tingkat pedesaan. Setidaknya calon TKI/TKW arus waspada sebelum memilih perusahaan penyelia Tenaga Kerja Luar Negeri.

(www.scribd.com/doc/2889943/Daftar-PPTKIS)  

Asuransi tidak asing bagi kita,namun kelihatanya mudah dan gampang cara menjadi clinet asuransi,namun ketika kita mengajukan klem terhadap polis asuransi yang kita miliki ternyata prosedur pengajuanya sangat rumit bahkan tidak sedikit  para pemegang polis asuransi yang tidak dapat uang karena persyartan yang berbelit-belit dari pihak asuransi. Pihak BNP2TKI seyogyanya memberikan sosialisasi flowchat dan panduan persyartan menjadi client asuransi pada calon TKI/TKW. (Badi,22/07/2011)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: