POLITIK PEDESAAN

PESTA DEMOKRASI DESA JAGAPURA LOR PENETAPAN HAK PILIH DAN JUAL BELI SUARA INSTAN


Proses Pelaksanaan Pemilihan Kuwu

Tinggal menunggu hitungan hari pesta demokrasi pemilihan kuwu Desa Jagapura Lor akan berlangsung. Berdasarkan Informasi dari Panitia Pemilihan Kuwu, rencana hari H akan berlangsung pada tanggal 23 Juli 2011.

Tahap Penjaringan Bakal Calon Kuwu dilaksanakan pada 22 -31 Mei 2011. dimana terjaring 4 (empat) orang bakal calon kuwu Desa Jagapura Lor,diantranya (1) Suwadi,(2) Hasan,(3) Bambang dan (4) Tiklok. Sedangkan Hasil penetapan yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kuwu pada tanggal 10 Juni 2011 hanya ditetapkan 3 (tiga) orang Calon Kuwu. Diantranya : (1) Hasan,(2) Bambang dan (3) Suwadi.

Berdasarkan Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Kuwu maka proses pendataan hak pilih akan dilakukan pada tanggal 15 sampai 21 Juni 2011.

Indikator dan data dasar Penentuan Pendataan Hak pilih Warga Desa Jagapura Lor

Setidaknya ada 4(empat) indikator dasar yang dijadikan pedoman pelaksanaan pendataan hak pilih warga desa jagapura lor,diantranya :

  1. Warga Desa asli
  2. Warga desa pendatang
  3. Warga desa yang merantau
  4. Warga Desa yang menjadi TKI dan TKW

Ke-4 Indikator tersebut merupakan dasar penentuan kondisi warga desa jagapura lor saat ini.

Sedangkan dasar data yang dijadikan asumsi dasar jumlah penduduk desa jagapura lor adalah data listing sensus 2010. sebagai dasar menentukan jumlah warga yang mempunyai hak pilih pada disetiap rumah (bangunan) dan transportasi warga yang pindah karena pernikahan atau pindah tempat tinggal pada desa lain.

Eksodus Hak Pilih Perantau Menjadi Pasar Jual Beli suara Instan oleh Calon Kuwu

Pada dasarnya Panitia Pemilihan Kuwu merupakan Kunci suksesnya pemilihan kuwu, panitia pemilihan kuwu harus berperan sebagai wasit dan pelayan dalam pelaksanaan pesta demokrasi desa jagapura lor.

Penentuan hak pilih warga desa yang merantu merupakan seni tersendiri dalam manajemen konflik. Warga Desa yang menjadi perantau merupakan salah satu target para calon kuwu karena akan mempengaruhi suara dalam pemilihan nanti. Tetapi warga perantau biasanya pulang dibiayai oleh para calon dan tidak sedikit mereka tidak pulang kampung,namun mereka mempunyai undangan menjadi hak pilih. Hal yang serupa juga adalah markup hak pilih yang dilakukan oleh panitia pemilihan kuwu. Motive seperti ini-lah yang menjadi eksodus jual beli suara instan yang dilakukan oleh panitia,kuwu ,panwas dan camat.

Penetapan Daftar Pemilih Sementara dan Tetap serta Peran Delegasi Calon Kuwu dalam menyukseskan Pesta Demokrasi Desa Jagapura Lor

Suksesnya proses pendataan hak pilih merupakan peran kolaborasi antara panitia pemilihan kuwu dengan team delegasi dari masing-masing calon kuwu dalam menyukseskan pendataan hak pilih warga.

Peran serta masing-masing team sukses calon kuwu dalam melakukan pendataan hak pilih merupakan  bagian dari proses demokratiasi dalam pemilihan karena akan memudahkan dalam cross cheek data hak pilih dan menghindari konflik  penetapan daftar hak pilih  sementara (DPS)  maupun Daftar Hak Pilih Tetap (DPT).

Adanya proses tahapan dalam pedataan hak pilih, peran serta delegasi dari masing-masing calon kuwu yang dilibatkan dalam proses pendataan hak pilih serta adanya jadwal pentapan DPS maupun DPT merupakan itikad dari panitia dalam menyukseskan pemilihan kuwu Desa Jagapura Lor, namun sebaliknya apabila Panitia bersifat tertutup dan menunjukan sifat otoriternya maka setiap calon kuwu harus melakukan identifikasi terhadap panitia pemilihan kuwu karena akan merugikan salah satu calon kuwu dan kemungkinan besar akan terjadinya penodaan demokrasi pemilihan kuwu Desa Jagapura Lor (Badi/01/07/2011)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: