INFO DESA HARI INI, POLITIK PEDESAAN

PANITIA PILWU HARUS INDEPENDEN, WASIT DAN PELAYAN DALAM MENYUKSESKAN PEMILIHAN KUWU DESA KALIWEDI LOR


Latar Belakang

Tinggal menghitung hari,Pesta Demokrasi di Desa Kaliwedi Lor akan di selenggarakan,tepatnya pada tanggal 08 Mei 2011. Dua kandidat yang akan maju dalam merebut kursi nomor satu balai Desa Kaliwedi Lor, diantarnya ; (1) Muhamad Kaelani dan (2) Surdadi.

Anggaran Belanja untuk biaya proses pemilihan kuwu Desa Kaliwedi Lor sudah dianggarkan sekltar Rp 92.050.000,- dimana sumber anggaran berasal dari : (1) Tabungan Pilwu sebesar Rp 2.000.000,- (2) Pemdes Kaliwedi Lor Rp 5.000.000,- .(3) Pemda Kab Cirebon sebesar Rp 5.000.000 serta sisanya sebesar Rp 80.100.000,- berasal dari swadaya calon kuwu.

Besarnya biaya demokrasi tersebut dihadapkan mampu menghasilkan kualitas pemilihan kuwu yang adil,jujur,aman dan damai. Mampu-kah Panitia Pemilihan kuwu sebagai mesin Demokrasi dalam pemilihan kuwu sesuai dengan amanat warga desa kaliwedi lor ?

Butuh Peran Independen,Wasit dan Pelayan bagi Panitia Pemilihan Kuwu Kaliwedi Lor

Setidaknya ada 3 (tiga) indikator yang harus dimiliki oleh Panita Pemilihan Kuwu Desa Kaliwedi Lor, dimana Indikator –Indikator nya sebagai berikut :

  1. Independen, Team panitia pemilihan Kuwu harus menujukan ketidak bepihakanya kepada kedua calon dan pengaruh luar. Dasar yang digunakan dalam menentukan kebijakan Panitia pemilihan Kuwu adalah Perda Pemilihan, Perbup, Perdes dan Kesepakatan bersama Calon Kuwu.
  2. Pelayan, Team Panitia Pemilihan Kuwu harus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada Calon Kuwu dalam hal transparansi DPT,Kelengkapan administrasi Calon Kuwu dan hal-hal yang menyangkut kebutuhan calon termasuk transparansi jadwal pelaksanaan Pilwu,Review DPS. Sedangkan hal yang menyangkut pertanyaan seputar pemilihan oleh warga desa kaliwedi lor atau orang luar merupakan bagian kerja dari BPD jadi jelas kinerja panitia pemilihan kuwu hanya mencakup pada pelaksanaan pemilihan kuwu saja.
  3. Wasit, Atas dasar Independen team panitia harus bisa menjadi penengah atas persoalan-persoalan yang dihadapi oleh kedua calon tanpa mengisitimewakan salah satu calon

Daftar Pemilih Tetap dan Macan Kertas Kesepakatan Kedua Calon Kuwu

Penentuan besarnya jumlah pemilih tetap merupakan polemik tersendiri dalam menentukan dasar  data yang digunakan. Sebagian besar asumsi dasar yang diterapkan adalah dengan menggunakan data primer yang diambil dari hasil sensus penduduk atau daftar pemilih tetap pada pilkada,pilgub atau pilpres. Namun keabsahan data primer tersebut masih memiliki human error yang tinggi  karena belum di ketahui secara pasti apakah warga desa masih bertempat tinggal atau sudah menjadi urban dan TKI juga penambahan jumlah pemilih baru yang sudah mencapai batas umurnya. Kesalahan dalam pengambilan data Daftar Pemilih tetap akan memberikan cela dan manuver pada calon kuwu untuk melambungkan suara dengan berbagai cara dan Team Panita yang menjadi Korban dalam Proses Peradilan.

Guna menghindari hal tersebut maka seyognyanya panita pilwu dan teamnya menggunakan data primer dengan melakukan sensus ulang kepada seluruh warga desa kaliwedi lor dengan menggunakan metode listing fisik bangunan dan jumlah pemilih pada setiap rumah. Sedangkan bagi warga yang sedang tidak tinggal di kaliwedi lor dan masih  berstatus penduduk desa kaliwedi lor dikatagorikan sebagai hak pilih tambahan dengan menggunakan klasifikasi  wilayah perantau dan harus menunjukan KTP Asli.

Model Pendataan Hak Pilih harus melibatkan kedua belah calon dengan mengirimkan delegasinya yang diutus secara tertulis oleh calon kuwu sehingga menghindari adanya kecurangan-kecurangan.

Hasil pendataan hak pilih harus dilakukan Review data guna menghindari adanya pemilih ganda dan hasil penetapan Daftar pemilih tetap dan tambahan harus dituangkan dalam Kesepakatan Bersama kedua belah calon yang disaksikan oleh Ketua panitia,panwas dan Muspika.

(Badi, 25 April 2011)

Daftar Pustaka

  1. http://politik.kompasiana.com/2011/04/19/hingar-bingar-masyarakat-desa-kaliwedi-lor-menjelang-pemilihan-kuwu/
  2. Kronologis Kinerja Panitia Pemilihan Kuwu Desa Jagapura Wetan, 2010

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: