POLITIK PEDESAAN

DUA KUWU DI TAHAN KEJARI SUMBER


SUMBER, (PRLM).- Dua kuwu (kepala desa) di Kab. Cirebon ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumber atas kasus yang berbeda. Masing-masing Den, Kuwu Desa Ciledug Kulon, Kec. Ciledug yang diduga telah melakukan tindak pidana korupsi penyimpangan dana konpensasi ganti rugi tol Kanci-Pejagan senilai Rp 650 juta dan Kuwu Desa Susukan, Kec. Susukan, Far yang diduga telah menyalahgunakan tanah titisara desa setempat.

 

Kepala Kejari Sumber, Moh Su’ud didampingi Kasi Intel Samsul Arif mengungkapkan, dari awal pemeriksaan Den memang diduga kuat telah menyelewengkan dana kompensasi. Seharusnya saat menerima dana senilai Rp 650 juta pada 2008 lalu, tersangka mengembalikan lagi dengan cara membeli tanah senilai hargakompensasi. “Namun, uang tersebut justru digunakan untuk keperluan pribadi,” kata Moh Su’ud.

Setelah persoalan ganti rugi tanah untuk tol Kanci-Pejagan terendus masyarakat dan dilaporkan ke pihak berwenang, selanjutnya Kejari Sumber melakukan penyelidikandan. Kejari menemukan indikasi penyelewengan yang akhirnya menetapkan Den sebagai tersangka. Den dijerat dengan pasal 2 ayat (1) jo Pasal 3 Undang-Undang RI No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Undang-Undang RI No 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang RI No 31 Tahun 1999.

Kajari Moh Su’ud menyebutkan, desa yang menerima dana kompensasi jalan tol Kanci-Pejagan di Kecamatan Ciledug itu sebetulnya terdapat lima desa lagi yaitu Desa Jatiseeng Kidul, Desa Leuweung Tengah, Desa Leweunggajah, Desa Bojonegara dan Desa Tenjomaya. Namun, baru Kuwu Ciledug Kulon yang ditetapkan sebagai tersangka, yang lainnya masih dalam proses penyelidikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: