INFORMASI TKI/TKW

8 TKI DI LIBIYA TELAH DI EVAKUASI MELALUI MESIR


Sebanyak 8 (delapan) TKI, yang terdiri dari 7 wanita dan 1 laki-laki bekerja di Libya dievakuasi oleh KBRI Cairo masuk Mesir untuk kemudian dipulangkan ke tanah air. Sekretaris Pertama, Thomas Ardian Siregar malam hari (28/2/11) melakukan perjalanan 8 jam dari Cairo menuju perbatasan Shalom, Mesir-Libya, untuk memberikan bantuan agar kedelapan TKI itu yang tidak memiliki visa dapat masuk ke Mesir.

 

Adapun nama-nama 8 WNI tersebut adalah:

1. Warnadi Tasmudi, asal Indramayu, Jawa Barat

2. Sarih bt Warsidi, asal Indramayu, Jawa Barat

3. Ida Nurjanah, asal Sukabumi, Jawa Barat

4. Arsiti bt Misbah, asal Cianjur, Jawa Barat

5. Rahimahwati bt Rahmansaleh, asal Lampung

6. Ina Nilawati bt Burhanudin, asal Sukabumi, Jawa Barat

7. Nani bt Natim, asal Karawang, Jawa Barat

8. Rohyati bt Tohir, asal Brebes, Jawa Tengah

Sebelum penangangan perlindungan itu, Kepala Kanselerai, KBRI Cairo Muhammad Abdullah yang siang hari tanggal itu menerima tilpon dari Ida Nurjanah, salah satu TKW memeberitahukan bahwa dirinya bersama 7 temannya merasa tercekam dengan kondisi di Benghazi dan meminta bantuan KBRI Cairo.

Mengetahui jarak tempuh 6 jam dari Benghazi ke perbatasan Shalom, Kepala Kanselarai mengarahkan para TKI itu secapatnya berangkat menuju Shalom agar tidak bermalam di jalan demi keselamatan perjalanan. Kemudian atas petunjuk Duta Besar RI, A.M. Fachir untuk para diplomat Indonesia selalu melaksanakan komitmen Pemerintah memberikan perlindungan dan pelayanan untuk warganya dimana saja berada, untuk itu ditugaskan Sekretaris Pertama, Thomas berangkat ke Shalom untuk membawa para TKI dimaskud ke KBRI Cairo.

Di perbatasan Shalom, Sekretaris I, Thomas setibanya dini pagi hari (1/311) melakukan pertemuan dengan petugas imigrasi Mesir dan secara persuasif menjelasakan situasi dan kondisi para TKI itu yang perlu diselamatkan dan meminta agar dapat masuk Mesir tanpa visa. Hal ini mendapat respon yang kooperatif, bahkan 2 TKI yang tidak memiliki paspor dengan Surat Perjalanan Laksana Paspot (SPLP) ketika itu dibuat oleh Thomas langsung dipersilakan mereka masuk Mesir.

Dalam perjalanan dari Shalom ke Mesir, Ida Nurjanah atas nama rekannya itu mengungkapkan rasa syukur atas keluarnya mereka dari Libya dan terima kasih kepada KBRI yang sudah menjemput di perbatasan dan memberikan perhatiannya pada kami. Kini kedelapan TKI tersebut, selamat dan sehat wal’afiat diberikan akomodasi di shelter KBRI Kairo sebelum dipulangkan menuju Indonesia. (Sumber KBRI Kairo)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI