INFORMASI TKI/TKW

TKW DARSEM BT DAWUD TAWAR TERBEBAS DARI HUKUMAN PANCUNG


Upaya KBRI Riyadh untuk membebaskan salah seorang TKW asal Subang, Jawa Barat, Darsem Bt Dawud Tawar dari putusan hukuman pancung berbuah hasil. Darsem Bt Dawud Tawar terbukti bersalah melakukan pembunuhan terhadap majikannya seorang warga negara Yaman pada bulan Desember 2007 lalu dan oleh pengadilan Riyadh, pada tanggal 6 Mei 2009, Darsem didakwa hukuman mati.

Melalui kerja sama yang baik dengan pihak Lajnah Islah (Komis Jasa Baik untuk Perdamaian dan Pemberian Maaf) Riyadh dan pejabat Kantor Gubernur Riyadh, Darsem Bt Dawud Tawar akhirnya mendapatkan pemaafan dari ahli waris korban.
Pada tanggal 7 Januari 2011, ahli waris korban yang diwakili oleh Asim bin Sali Assegaf bersedia memberikan pemaafan (tanazul) kepada Darsem dengan kompensasi uang diyat (ganti rugi/santunan) sebesar SAR 2 juta. Pernyataan tanazul tersebut telah disampaikan oleh KBRI Riyadh kepada pengadilan Riyadh guna pemrosesan selanjutnya.
Upaya KBRI Riyadh untuk mendapatkan pengampunan tersebut berlangsung cukup lama. Sejak mencuatnya kasus Darsem, KBRI Riyadh secara seksama memonitor perkembangan kasus dimaksud. Upaya pendekatan kepada pihak keluarga korban sebelumnya telah ditawarkan oleh hakim yang mengadili sidang Darsem, namun demikian tawaran damai tersebut ditolak.

Atas pendekatan dengan pihak Lajnah Islah Riyadh, maka akhirnya pihak keluarga dapat menerima tawaran damai tersebut dan bersedia memberikan maaf dengan kompensasi sebesar SAR 2 juta yang harus diserahkan dalam kurun waktu 6 (enam) bulan. KBRI Riyadh saat ini tengah berupaya mendapatkan uang diyat dimaksud dari para dermawan dan donatur Saudi maupun Indonesia. Sejauh ini, KBRI Riyadh baru berhasil mendapatkan sebesar SAR 1 juta dari donatur Arab Saudi yang tidak ingin disebutkan namanya. Namun demikian, KBRI Riyadh dapat mengajukan perpanjangan waktu apabila uang diyat belum berhasil terkumpul dalam waktu 6 (enam) bulan.

sumber : KBRI Riyadh

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI