KEBIJAKAN DESA

Kuwu Se Kab Cirebon Meminta Kenaikan ADD pada DPRD


CIREBON, (PRLM).- Sejumlah kuwu (kepala desa) dari 412 desa di Kabupaten Cirebon, Senin (24/01), mendatangi kantor DPRD Kabupaten Cirebon. Mereka menuntut agar DPRD mau menaikkan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang semula hanya Rp 60 juta/desa untuk APBD tahun 2011 agar dinaikkan menjadi Rp 100 juta. Kenaikan ini sebenarnya masih lebih kecil ketimbang ADD yang ada di wilayah III Cirebon.

Humas Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC), Rokhaidi yang juga kuwu Surakarta, Kec. Kapetakan, Kab.Cirebon, menjelaskan kedatangan FKKC ke kantor DPRD semata hanya untuk menyalurkan aspirasi dan tuntutan desa. Pertama menyangkut perubahan anggaran ADD yang harus dinaikan menjadi Rp 100 juta/desa dan yang kedua perubahan jabatan Kepala Desa agar tidak enam tahun tetapi 10 tahun, sebagaimana UU No.22 dan acuannya bukan Perda No.6 tahun 2010.

Dua tuntutan ini sangat mendasar mengingat pembangunan di beberapa desa di Kab.Cirebon lebih tertinggal ketimbang desa-desa yang ada di Jawa Barat. “ADD itu bukan untuk kepentingan kuwu tetapi untuk pembangunan desa. Kami sebagai masyarakat desa jangan hanya dijadikan obyek kebijakan saja atau sengaja dijadikan sebagai penonton tetapi harus menjadi pelaku yang juga ikut merasakan pembangunan yang sebenarnya,” jelasnya.

Humas FKKC juga berharap agar dewan benar-benar merasakan kekurangan yang ada di tiap desa terutama menyangkut anggaran. Sebab pelayanan tanpa anggaran yang cukup juga tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Maka ADD harus benar-benar diperhatikan oleh para anggota DPRD dalam anggaran APBD 2011 ini.

Sementara itu, FKKC yang sejak pukul 10.00 WIB berorasi di halaman gedung DPRD kemudian melalui perwakilannya tim 10 langsung menuju lantai dua kantor DPRD. Mereka sebagai perwakilan desa bermaksud mendialogkan aspirasi desa tentang kenaikan ADD dan jabatan Kepala Desa dengan sejumlah anggota DPRD. “Ya, mudah-mudahan aspirasi kami didengar dewan dan ada perubahan anggaran yang signifikan,” ujar salah seorang kuwu yang juga ikut dalam barisan demo tersebut. (din/das)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI