INFO DESA HARI INI

PETANI DI TIGA KECAMATAN KAB CIREBON MINTA BENDUNGAN


SUMBER,(PRLM).- Akibat kekurangan air saat musim kemarau, para petani di tiga kecamatan, masing-masing Pasaleman, Kec. Karangwareng, dan Kaliwedi Kab. Cirebon menginginkan dibangunnya sebuah bendungan untuk air irigasi.

“Satu-satunya solusi untuk mengatasi krisis air saat kemarau di sini adalah dengan membangun sebuah bendungan atau waduk,” kata Dudung,Kuwu Desa Tonjong, Kec. Pasaleman, Rabu (15/12).

Hal senada juga disampaikan Richyadi, Kuwu Desa Kubangdeleg. Menurut mereka, waduk tersebut nantinya berfungsi sebagai penampung air ketika musim hujan dan dapat dimanfaatkan saat datang musim kemarau. Areal pertanian di Pasaleman akan dapat terairi ketika kemarau kalau ada waduk.

“Dulu pernah ada waduk yang sumber airnya berasal dari sungai Cijangkelok, tapi sekarang sudah terutup. Kami ingin waduk itu difungsikan kembali,” kata Dudung.

Selama ini masyarakat petani di dua kecamatan tersebut dihadapkan pada situasi sulit saat musim kemarau. Mereka bahkan rela merogoh kocek cukup dalam agar sawah dan ladangnya mendapat pasokan air. Untuk itu saatnya pemerintah mengatasi masalah mereka dengan cara membangun fasilitas pengairan yang bersifat jangka panjang dan dapat digunakan secara masal.

Para petani di Kecamatan Kaliwedi juga mengalami kesulitan yang sama hingga mengharapkan adanya waduk di daerah tersebut.

“Kalau musim kemarau para petani di sini kesulitan air, sementara pada saat musim hujan air terbuang begitu saja. Jadi kalau ada bendungan tentu sangat berguna bagi petani,” kata Apudin, petani setempat.

Kuwu Kubangdeleg, Richyadi, menambahkan, lokasi pembangunan waduk telah direncanakan pemerintah. Bahkan telah diberi nama sebagai Waduk Cipanundan dan sudah dilakukan pnelitian oleh Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat pada tahun 2007 lalu.

“Saya heran mengapa walaupun dokumen analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) sudah dibuat, namun sampai sekarang tidak ada kejelasan realisasinya. Padahal petani menunggu realisasi dari pembangunan tersebut,” katanya.(A-146/A-26).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: