INFO DESA HARI INI

PULUHAN BURUH PABRIK DI CIREBON DEMO KE DISNAKER


CIREBON (PRLM),- Hampir empat tahun bekerja, status parah buruh tak juga meningkat. Parahnya lagi, mereka kini tengah diliburkan perusahan dengan alasan yang belum jelas. Karuan puluhan buruh pun berontak dan mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kab.Cirebon, Kamis (18/11), guna meminta agar pemerintah ikut menyelesaikan kemelut ini.

Siti Azizah (20), buruh PT. Serayu Makmur Kayu Indo II, mengungkapkan, kadatangannya ke kantor Disnakertrans merupakan yang kesekian kalinya. Ia bersama buruh lainnya tak terima diperlakukan sepihak oleh perusahan. Maka terpaksa mendatangi pemerintah untuk ikut menyelsesaikan persoalan ini. “Pemerintah harus bisa membantu kami untuk menjembatani dengan pihak perusahaan. Karena kami tahu suara kami tak pernah didengar dan pelaksana UU maupun PP adalah pemerintah menyangkut perselisihan atau sengketa antara buruh dan perusahaan,” terangnya.

Buruh lainnya, Suherman koordinator aksi, Ia terpaksa mengadukan ini ke pmerintah mengingat perusahaan sudah tak adil lagi dalam mempekerjakan buruhnya. Bayangkan, ucap Herman, Ia dan buruh lainnya tak pernah mendapatkan jamsostek juga naik gaji. “Tak hanya itu mas, THR, cuti hamil, naik status menjadi karyawan, naik gaji dan kejelasan tentang diliburkannya pekerja masih tidak jelas. Ini jelas merugikan dipihak kami, maka kami laporkan ini ke pemerintah,” jelasnya.

Sementara di ruangan dalam kantor Disnakertrans tampak Wadir PT Sedayu Makmur Kayu Indo II, Priyono dan manager HRD, Adi Johari. Keduanya datang mewakili perusahaan setelah dipanggil pihak pemerintah. Dalam pertemuan itu tampak sedikit memanas, mengingat kedua belah pihak saling mengeluarkan pendapat yang berbeda. Dan para buruh tetap meminta kejelasan perusahaan tentang status, gaji, dan diliburkannya para pekerja.

Menurut Kepala Disnakertrans, Kab.Cirebon, Drs Iyus E Rusmana, pihaknya akan melakukan cek and ricek atas kebenaran yang diaspirasikan para buruh. Jika benar tentunya akan mendapat surat teguran keras dan meminta agar hak-hak pekerja dipenuhi. “Ya, kami akan cek dulu di lapangan, jika benar akan kami undang lagi dan meminta agar dipenuhinya hak-hak para buruh, terutama jamsostek,” terangnya. (din/das)***

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: