EKONOMI PEDESAAN, INFO DESA HARI INI

PETANI WILAYAH TIMUR CIREBON MINTA BENDUNGAN CIPANUNDAN


SUMBER, (PRLM).- Para petani di wilayah timur Kab. Cirebon meminta agar bendungan sungai Cipanundan di Kecamatan Karangwareng segera direalisasikan hingga lahan sawah yang ada di sekitarnya bisa terairi dengan baik.

“Selama ini pengairan di daerah kami kurang memadai, bahkan kerap mengalami kekeringan, oleh karena itu kami meminta agar dinas terkait memperhatikan nasib kami,” kata Ardia, seorang petani di daerah Karangwareng, Rabu (29/9).

Menurut dia, sarana pengairan tersebut jika saja terlaksana pembangunannya, akan sangat bermanfaat bagi para petani yang ada di sebagian wilayah timur Kabup(en Cirebon.

Sementara itu, Kepala Desa Kubangdeleg, H. Richyadi mengaku sudah tidak tahan lagi atas belum juga terealisasinya bendung tersebut. Oleh karenanya, berencana nekad mau menghadap Presiden RI di Istana Negara.

Diakui Ricyadi, bendungan Cipanundan sebetulnya sangat dinantikan oleh para petani di wilayah timur Cirebon, apalagi, pada saat musim kemarau mereka sangat kesulitan mendapatkan air untuk lahan mereka.

Data yang diperoleh menyebutkan, bendungan Cipanundan sebelumnya telah diprogramkan melalui Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat. Sejak tahun 2007 lalu, amdalnya sudah dibuat, namun, hingga sekarang tak jelas nasibnya.

Rencananya bendung Cipanundan, akan dibangun di Desa Kubangdeleg. Genangannya diperkirakan mencapai 75 hektare di tengah wilayah perbatasan empat kecamatan. Masing-masing, Kecamatan Karangwareng, Sedong, Waled dan Karangsembung. Jika bendung tersebut bisa terealisasi, diperkirakan sekitar 1.000 hektare lahan pertanian bisa terairi.

Air bendung, selain dimanfaatkan untuk lahan pertanian di empat kecamatan tersebut, nantinya, bisa digunakan area pertanian di wilayah Kec. Astanajapura, Pangenan, Gebang, Losari dan Ciledug. Richyadi menambahkan, jika saja bendung Cipanundan bisa dibangun, wilayah timur Kab. Cirebon sudah terjangkau pengairan secara memadai. Karena sebelumnya di wilayah barat sudah ada Situ Patok di Kec. Mundu, Selatan terdapat Situ Sedong, di perbatasan ada sungai Cisanggarung. (A-146/C-15/A-26)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: