KEBIJAKAN DESA

GUBENUR JABAR CANANGKAN 100 DESA MANDIRI


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mencanangkan 100 Desa Mandiri dalam perwujudan Desa Peradaban. Desa Mandiri dalam perwujudan Desa Peradaban adalah desa yang maju kehidupan lahir bathin meliputi bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan,keamanan dan ketertiban, kedaulatan politik, peran aktif masyarakat dan meningkatnya kinerja pemerintahan desa. Pada saat yang sama, juga Desa Peradaban dilengkapi dengan berbagai fasilitas sosial yang memadai seperti sarana dan prasarana, kesehatan pendidikan, ekonomi, ibadah, olahraga, hiburan dan perbelanjaan serta lain-lain.

“Diharapkan, desa-desa itu akan berkembang menjadi desa yang maju dan mandiri. Menjadi sebuah Desa Peradaban dengan memiliki sejumlah keunggulan," ujar Heryawan, saat ditemui dalam acara pencanangan Program Desa Mandiri Dalam Perwujudan Desa Peradaban di Jawa Barat Tahun 2010 di Desa Weragati, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jumat (3/9). Heryawan menyebutkan, setiap desa yang ditetapkan. selanjutnya menerima bantuan dana program sebesar Rp 1 miliar. Dana tersebut bersumber dari dana APBD Provinsi Jawa Barat tahun 2010.  Dan salah satu syarat yang harus dimiliki desa yang menjadi Desa Peradaban adalah keberadaan sarana infrastruktur.

Lebih lanjut Heryawan menjelaskan Program Desa Mandiri dalam perwujudan Desa Peradaban meliputi dua program yaitu: Peningkatan perekonomian Desa melalui pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Pembangunan fisik/infrastruktur perdesaan. Pembangunan Infrastrukturmeliputisarana dan prasarana fasilitas umum, infrastuktur sarana dan prasarana kesehatan, infrastruktur sarana dan prasarana sosial, Infrastruktursarana dan prasarana fisik untuk menunjang peningkatan perekonomian masyarakat seperti pasar desa, lumbung desa, usaha perdagangan, perbengkelan, percetakan, perikanan dan lain-lain,
Sementara itu, 100 desa yang dicanangkan dalam program ini tersebar di 17 kabupaten yang ada di Jabar. Adapun kabupaten-kabupaten itu, yakni Kabupaten Cianjur (6 desa), Kabupaten Sukabumi (7 desa), Kabupaten Bogor (8 desa), Kabupaten Subang (5 desa), dan Kabupaten Sumedang (5 desa). Selain itu, Kabupaten Garut (8 desa), Kabupaten Ciamis (6 desa), Kabupaten Cirebon (8 desa), dan Kabupaten Kuningan (7 desa). Selainjutnya Kabupaten Majalengka (6 desa), Kabupaten Indramayu (6 desa), Kabupaten Purwakarta (3 desa), Kabupaten Karawang (6 desa), dan Kabupaten Bekasi (4 desa), Kabupaten Tasikmalaya (7 desa), Kabupaten Bandung (5 desa), dan Kabupaten Bandung Barat (3 desa).

Diskusi

Komentar ditutup.

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: