POLITIK PEDESAAN

ADU TEAM SUKSES DALAM KAMPANYE CALON KUWU MEREBUT TIKET MENUJU KURSI NOMOR SATU BALAI DESA JAGAPURA WETAN


Pelaksanaan Pilwu dan Jumlah Daftar Pemilih Tetap Sementara

Tinggal hitungan hari, pesta demokrasi pemilihan kuwu Desa Jagapura Wetan di selenggarakan. Berdasarkan sumber informasi dari Panitia Pemilihan Kuwu menjelaskan bahwa pelaksanaan pemilihan kuwu di Jadwalkan pada tanggal 28 September 2010.

Berdasarkan hasil sensus penduduk Desa Jagapura Wetan yang dilakukan oleh Team Panitia Pemilihan Kuwu bahwa Jumlah Daftar Pemilih Tetap Sementara sebanyak 3781 Orang yang mempunyai hak pilih dalam Pilwu tahun 2010 belum termasuk Daftar Pemilih Tambahan. Adapun Komponen Jumlah Daftar. Adapun Komponen DPTS,sebagai berikut.

Tabel 1 :

Komponen Daftar  Pemilih Tetap Sementara Pilwu Desa Jagapura Wetan

No Klasifikasi L P Jumlah
01 Pribumi 1861 1790 3651
02 Urban Wilayah  III Cirebon 42 28 70
03 Pendatang 7 6 13
04 Jompo 10 37 47
Total  DPTS 1920 1861 3781

Sumber Data : Panitia Pemilihan Kuwu Desa Jagapura Wetan 2010.

Sedangkan Jumlah Daftar Pemilih Tambahan masih menunggu validasi dari panitia pemilihan kuwu. Pemilih tambahan yang di maksud adalah para urban di luar wilayah III Cirebon,seperti Jakarta dan sebagainya. Adapun Daftar nama pemilih tambahan versi hasil sensus panitia pemilihan kuwu .(DPS URBAN DI LUAR WIL 3)

Team Sukses dan Perannya dalam Kampanye Pilwu Desa Jagapura Wetan

Kedua Calon Kuwu telah memilih team suksesnya sesuai dengan kapasitas masing-masing individu. Terbukti dengan masuknya tokoh masyarakat Jagapura yang siap menjadi team sukses salah satu calon.

Team Sukses Calon Kuwu Taryono adalah H Kujaeni SS,Ajo, Taruna, Marsono Nasir,Tarima,Saroji, Diding,Udin dan rekan lainnya. Sedangakan Team Sukses Calon Kuwu Ruslani adalah Wamyani,SH. MH, Mantan Kuwu Sumar, Iyas, Darsini Spd,Muksoni, Dadang,Sobrin dan rekan-rekanya lainnya.  Sesuai dengan Jadwal Tahapan Pemilihan Kuwu maka ditetapkan sejak tanggal 13-20 September 2010 ditetapkan sebagai hari kampanye para calon kuwu.

Model Kampaye ala Calon Kuwu Taryono dan Calon Kuwu Ruslani

Lain lubuk lain belalang, itu-lah istilah yang digunakan untuk melihat model kampanye kedua calon.

Calon Kuwu Taryono menggunakan kesempatan Kampanyenya dengan metode dialog di setiap Dusun untuk  mendengar aspirasi warga dalam menetapkan arah pembangunan Desa pada saat di terpilih nanti. Selain kampanye dialog juga menggunakan model kampanye berbentuk Bakti Sosial (Bakso) dengan memberiskan saluran-saluran air di wilayah Desa Jagapura Wetan.

Sedangkan Calon Kuwu Ruslani akan menggunakan kesempatan kampanyenya dengan meodel door to door alias ulem-ulem disetiap rumah-rumah warga Desa Jagapura Wetan.

Tugas Team Sukses sebagai Mesin Politik para Calon Kuwu dalam Sistem Demokrasi Primordial Desa.

Desa merupakan demokrasi tertua dalam sejarah demokrasi di Indonesia. Namun perkembangan demokrasi sendiri di desa terkesan kolot dan tidak meunjukan inovasi-invasi yang berarti. Berdasarkan pola dan kontalasi Demokrasi di Desa Jagapura wetan maka ada 4 (empat) Kunci tahapan  guna memenangkan Pemilihan Kuwu mendatang, diantaranya :

  1. Tahap Pendataan, merupakan tahap awal yang harus dilakukan oleh team sukses guna mengetahui Jumlah Hak Pilih. Tahap pendataan dimulai dari tingkat blok, RT,RW dan Dusun.
  2. Tahap Perekutan merupakan tahap awal dari penginvetarisiran suara calon kuwu, salah satunya adalah dengan melakukan kondolidasi dan ngitung sedulur keluarga Calon dan melakukan pengirisan warga yang pro dan kontra kepada calon serta warga yang masih mengambang kepada semua calon. Tujuannya untuk menetapkan arah kampanye dan pengutamaan perekutan yang harus di lakukan oleh team sukses.
  3. Tahap Pembinaan. Merupakan tahap yang sudah sedikit lebih maju dari tahap perekutan karena tahap pembinaan merupakan tahap polarisasi massa yang sudah di petakan dengan mana massa yang sudah pro dan mana massa yang kontra serta massa yang mengambang.
  4. Tahap Pemantapan adalah tahap akhir dari kampanye. Dimana tahap ini sudah jelas massa calon yang bakal memilih calon yang bersangkutan.

Ke-4 tahap ini yang merupakan kunci kemenangan dari calon kuwu dan tugas sukses team sebagai mesin politik salah satu calon.

50% Plus satu guna memenangkan Pilwu dan Peran Team Sukses Calon Kuwu

Standar minimal dalam pemenangan pemilihan kuwu maka  tidak kurang dari 50%  + 1 suara. Jelas tidak muda untuk merai suara sebesar tersebut. Peran team sukses dalam mempengaruhi massa merupakan hal yang terpenting harus dilakukan oleh team sukses calon kuwu.

Team sukses Calon Kuwu Taryono maupun Team Sukses Calon Kuwu Ruslani bisa diukur kredibilitas dan akutabilitasnya dalam mengerakan dan mempengaruhi massa hingga memilih salah satu calon yang di usung oleh team akan di uji dan dinilai ketika menjadi pemenang. Tunggu tanggal 28 September 2010 hasil akhir dari penentu siapa pemengangnya dan siap team sukses yang berhasil.(Badi)

Diskusi

4 thoughts on “ADU TEAM SUKSES DALAM KAMPANYE CALON KUWU MEREBUT TIKET MENUJU KURSI NOMOR SATU BALAI DESA JAGAPURA WETAN

  1. Muga bisa kepilih kuwu sing mentale jantan, ora mental banci. Maksude, siap kalah siap menang. Sing menang gelem ngrangkul, sing kalah ora kaken lewa. Uga baka wis dadi kuwu, apa sing pernah ding janjeni meng rayat aja cuma omdo, tapi bener2 ding realisasiaken (sesuai ke mampuan). Cekake, aja janji muluk2 dikit, bokat kone kisinen ora bisa mbuktekaken.

    Sing dadi tim sukes, reaag cuma pesen, muga2 ora terjebak “janji kecap” lan siap bermain cantik. Ora pada poyokan lan ora sikutan. Kesuwun

    Posted by Won Gembulu | 17/09/2010, 9:53 am
  2. sidane sapa cah sing ketiban pulung?

    Posted by yatno troin | 28/09/2010, 1:21 pm
  3. desa,jagapura….politik money……………………………………..hancurkan para kuwu yang menindas rakyat,memperkosa….termasuk kuwu priode sekarang

    Posted by politik jakarta | 07/10/2011, 12:59 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: