INFO DESA HARI INI, POLITIK PEDESAAN

MENUJU PESTA DEMOKRASI DESA JAGAPURA WETAN


TAHAP PENDATAAN DAFTAR HAK PILIH TETAP WARGA JAGAPURA WETAN

Oleh Tanali BM

Sesuai dengan surat keputusan Panitia Pemilihan Kuwu Desa Jagapura Wetan No Nomor : 01 / Kep-Pan.PILWU/2010 tentang Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Kuwu,disebutkan bahwa pada tanggal 22 Agustus hingga 06 September 2010 sudah mencapai tahap pendataan Hak Pilih Warga Desa Jagapura Wetan yang akan berpartisipasi dalam memilih kuwu.

Berdasarkan Lampiran Keputusan Panitia Nomor : 01/Pan-Pilwu/Jagtan/ VII/2010. Petugas Pendataan sebanyak 65 orang yang terdiri dari 25 orang anggota panitia,10 orang Ketua RW dan 20 orang Ketua RT. Sedangkan Biaya Pendataan sebesar Rp 2.750.000,-

Diantara Komitmen dan Motto Panitia “Pemilu Damai dan Sukses Tanpa Ekses”

Keterlibatan Ketua RT dan RW dalam proses pendataan warga yang mempunyai hak pilih dalam Pemilihan Kuwu Desa Jagapura Wetan, merupakan bagian dari petunjuk dan bukti kehati-hatian panitia dalam menetapkan nama-nama warga yang sudah mempunyai hak pilih. Sehingga diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam melakukan pendataan warga yang mempunyai hak pilih.

Meskipun biaya operasional yang dianggarkan sebesar Rp 500/orang bila diasumsikan dengan data Pilpres tahun 2009 sebesar 550 Penduduk. Jadi bila di kalikan dengan anggaran per orang maka jumlah anggaran untuk pendataan sebesar Rp 2.750.000,- atau apabila dibagi dengan jumlah personil maka setiap personil diberikan biaya operasional untuk pendataan sebesar Rp 42.300/personil selama 14 hari.

Minimnya anggaran opersional bukan berarti memberatkan personil pendata tetapi mempermudah proses pendataan karena pendataan dilakukan bersama ketua RT dan RW yang menjadi petunjuk panitia adapun model pendataan yang dilakukan oleh panitia mengacu pada pendataan  bagunan fisik. Hal tersebut dilakukan karena untuk mempermudah Daftar pemilih Sementara dan menghindari praktek-praktek jual beli suara dari berbagai calon kuwu. Sedangakan bagi warga yang tidak ada di tempat atau merantau tetapi masih memiliki bukti sebagai warga Desa Jagapura dengan menunjukan KTP atau KK maka dapat berpartisipasi dalam pemilihan Kuwu Desa Jagapura Wetan dengan model Pemilih Tambahan.

Delegasi Calon Kuwu Harus memberikan Data Pemilih Kepada Panitia Pemilihan Kuwu

Guna menghindari konflik akibat dari penetapan jumlah hak pilih pasca pemilihan maka panitia mempunyai inisiatif untuk memberikan intruksi kepada calon kuwu mengirimkan delegasinya yang membidangi pendataan hak pilih. Tujuannya untuk melakukan cross cheek data pemilih menurut versi masing-masing calon sehingga validasi daftar pemilih sementara di lakukan atas dasar hasil kesepakatan panitia dan delegasi masing-masing calon kuwu.

Musyawarah Bersama dan Penandatangan Kesepakatan DPT Pilihan Kuwu Desa Jagapura Wetan

Setalah tahap cross cheek data disepakati bersama dan ditambah dengan jumlah pemilih tambahan maka panitia akan mengundang kembali delegasi dari masing-masing calon untuk musyawarah bersama yang di hadiri oleh unsur panitia, perwakilan dari masing-masing calon dan Ketua BPD beserta Wakilnya. Tujuannya  adalah melakukan kesepakatan tentang jumlah hak pilih pada pemilihan kuwu tahun 2010. Dimana sebagai pihak selaku pihak pertama adalah delegasi atau perwakilan masing-masing Calon Kuwu dan pihak kedua adalah panitia pemilihan kuwu. Sedangkan Ketua BPD dan Wakil BPD serta Pihak Pembina dan Bimas sebagai saksi. Perjanjian penetapan jumlah hak pilih dilakukan secara tertulis dan bermatrai Rp 6000

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: