KEBIJAKAN DESA

Unjuk Rasa Buruh Pertamina Balongan Ricuh


Rabu, 19/05/2010 – 15:51
INDRAMAYU, (PRLM).- Ratusan buruh Pertamina Balongan Indramayu yang tergabung dalam kesatuan aksi buruh Indonesia (Kasbi) Kab.Indramayu, Rabu (19/5) sekira pukul 08.00 WIB menggelar aksi unjuk rasa di kantor bupati Indramayu. Mereka menuntut kenaikan upah buruh migas. Dalam aksinya ratusan buruh terjadi kericuhan dengan petugas dari Polres yang sudah berjaga di depan pintu masuk pendopo setempat.

Kericuhan terjadi saat ratusan buruh migas Pertamina Balongan berusaha masuk ke kantor bupati untuk menemui Bupati Indramayu H. Irianto M.S. Syafiuddin (Yance, red) dengan pihak pertamina. Namun aksi massa langsung dihadang oleh petugas. Sehingga kericuhan pun tidak dapat dihindarkan.

Sebelumnya, ratusan buruh pertamina menggelar aksi konvoi keliling kota serta melakukan aksi mogok kerja massal di seluruh unit area kerja Petamina Indramayu. Hingga satu bulan terakhir ini . Bahkan mereka sempat pula menutup akses jalan utama menuju pendopo Indramayu.

Dalam orasinya buruh meminta kebijakan Bupati dan Pertamina untuk menaikkan upah migas sebesar Rp. 1.250.000,00 dan tunjangan daerah sebesar Rp. 300 ribu bagi para buruh. Selain itu, para buruh juga meminta agar jaminan kesehatan dari Pertamina segera dipenuhi. Sebab katanya, selama mereka menjadi buruh permintaan tersebut belum pernah terkabulkan. Meski para pekerja buruh migas ini mempunyai pekerjaan yang banyak mengandung resiko.

Beberapa saat kemudian sejumlah perwakilan buruh migas diminta untuk menemui Bupati Yance dan perwakilan dari pihak Pertamina untuk melakukan negosiasi tentang tuntutan mereka.

Buruh mengancam bila tuntutan mereka tidak segera di penuhi, maka seluruh buruh pertamina akan terus melakukan aksi mogok kerja hingga benar-benar pertamina lumpuh dan tidak beroperasi kembali. Mereka mengancam juga akan terus melakukan aksi serupa dengan massa yang lebih besar lagi, sebelum tuntutannya dapat terpenuhi.

Sejumlah perwakilan dan pihak Pertamina termasuk perwakilan dari Pemkab Indramayu, akhirnya bertemu di ruang data pemkab setempat. Dalam pertemuan tersebut disepakati bentuk pernyataan bersama atas permasalahan upah pokok pekerja mitra Pertamina tersebut, diantaranya, buruh Pertamina menyampaikan upah buruh sebesar Rp.1.250.000,00 terhitung 1 April 2010 sesuai dengan tuntutan yang disampaikan pada saat adanya pemogokan kemudian pernyataan dari managemen Pertamina yang menyatakan, Pertamina melalui vendor bersedia untuk membayar penyesuaian upah pokok, apabila Bupati Indramayu bersedia menertibkan Surat Keputusan (SK) atau ketetapan yang bisa dipergunakan sebagai landasan hukum dan pemkab Indramayu akan menerbitkan produk hukum atas pengajuan dan pernyataan bersama ke dua belah pihak. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh sejumlah perwakilan termasuk dari Pertamina dan pejabat Pemkab Indramayu. (udi/A-120)**

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KLIK HIGERPIN

Silahkan Masukan Alamat Email anda

Bergabunglah dengan 12 pengikut lainnya

DAFTAR TAMU

  • 34,613 hits

REDAKSI

%d blogger menyukai ini: